Blogroll

aa

Senin, 31 Oktober 2011

Bencana Status Ababil Di Facebook


AKHIRNYA saya buat catatan ini juga. Sebenarnya dari dulu-dulu pengen bahas. Tapi selalu saya tahan karena tema atau hal yang saya akan bahas sangat mungkin menyinggung dan melukai hati orang lain. Dan konsekuensinya mungkin jumlah teman saya di facebook akan berkurang drasis. Tapi bodolah. Saya sudah kepalang eneg. Mulut ini ( lebih tepatnya tangan ini ) sudah tidak lagi menahan hasrat untuk membahas ini semua.

Dulu saya bisa dibilang orang yang tidak aktif di facebook. Bisa dilihat dari jumlah teman saya. Meski sudah hampir 3 tahun punya akun ini tapi teman saya Cuma sekitar 300an orang. Alasannya sih dulu hape saya ga ada fasilitas internetnya. Selain itu tidak ada minat pada salah satu hal membuat saya tidak memliki kepentingan dalam berfacebook ria. Saya hanya masuk facebook untuk melihat notif, membaca catatan atau Cuma liat-liat aja. Saya pun jarang update status. Lah kalo update aja miskin like dan komen. Jadi males aja. Lagian binggung mau nulis apaaan.

Tapi setelah saya berkerja di tempat saya kerja saat ini. Membuat saya memiliki keleluasaan untuk berinternet. Dari pada bosan. Maka saya pun akan berfacebookan. Selain itu saat ini saya sudah punya hape yang bisa facebook an. Ditambah di hape saya untuk facebook sangat nyaman. Soalnya cepet kaga pake lama loadingnya. Dan satu hal lagi, sejak saya kenal dan gandrung kepada Maher Zain. Jumlah teman saya meningkat dan kebanyakan penggemar maher zain juga. Alhasil komunikasi kami semakin intens. Dan kalau saya update status lumayan banyak yang ngelike dan komen.

Dan hal ini berdampak dengan seringnya saya menggunakan situs ini dan membukanya. Dan dari situlah semua ini berawal. Karena saat ini jumlah teman saya agak sedikit banyak. Maka status-status yang berseliweran pun kian merajalela. Saya sangat bersyukur jika status itu baik. Atau curhat sederhana namun tidak berlebihan. namun begitu juga dengan status gaje. Makin banyak aja heran padahal Saya adalah orang yang agak pilih pilih kalo mau nge add orang. Karena saya sangat menghindari dari meng add para ababil. Hal pertama adalah saya lihat dari namanya. Apakah normal ? atau seperti orang yang ga pernah belajar baca-tulis.

Memakai nama super panjang dengan kata-kata ga jelas dan membuat mata saya juling membacanya adalah salah satu orang yang saya hindari untuk meng addnya Seperti : “ecca ciembleugangstars slaluceriacarenhadacamu” ( sumpah ! random banget namanya ! ). Atau menggunakan nama artis tapi dengan diksi super najis kaya : siietuminahsmastblast biebercliquerphoreperteu eureuneuren”. Serius dah saya itu ga ga ga kuat ! kalo liat nama ini berlama-lama.

Okee, cara pemisahan makhluk normal dan abnormal sudah cukup ketat saya lakukan. Tapi tetap saja ada. Kenapa ? karena ada beberapa teman dunia nyata yang juga berjenis abnormal meng add saya. Lah entaran di kata sombong kalo ga di komfirm. Iya toh ? beberapa minggu yang lalu saya dengan sangat berani telah me remove teman SMP saya. Saya udah ga kuat dengan nama dia dan status dia yang hamper tiap menit ada. Isinya curhat dan keluh kesah manja. Tentu dengan tulisan cinta yang susunannya kaya monyet baru bisa ngeja ( sadis )!.

Kata abang saya jangan suka me remove orang yang udah meng add kita. Oke, saya sangat sadar saya bukan siapa-siapa artis bukan pejabat apalagi. Tapi apakah saya juga tidak berhak punya syarat-syarat tertentu untuk berteman dengan saya di facebook ? . kalau sih kaya twitter yang menggunakan system pemisahan seperti following dan follower. Yang memungkinkan anda memilih status siapa yang anda ingin ikuti dan meramaikan beranda ( istilah twitter mah Timeline ) anda. Lah inikan facebook. Artinya jika anda sudah “ berteman” suka atau tidak suka status se gaje apapaun dari teman anda pasti nongol dengan eksisnya.

Bukan soal nama yang bikin perih mata. Tapi yang paling penting dan ganggu banget adalah status mereka.
Berikut status-status mereka yang bikin saya tiba-tiba nafsu sama nenek-nenek ( maksudnya nafsu buat nabok):

1. Keluh kesah manja contohnya : “ ichh kulit iyem kan item, coc pnas beud gnie ciie, bttehe beudd uffhh  ..” jiahh ! heh penting gila gitu nih status ! laknat yuu bareng-bareng !

2. Marah-marah gaje misalnya : “ sebeuul beud, ANJINK llu Tukirman, cucian guw llu emudt ugha ! kan baUU ! jih, napah dia ngomel-ngomel emang salah siapa ? salah gue ? salah temen-temen gue ? atau salah tukang baso depan yang kalo ngasih sambel sampe meski pake ditimbang ?

3. Galau gaje lewat status misalnya : “ uffhh,, ciee ayang moo ngerampook maeem niee, juwariah cendiriian dewh.  Chemunguddt ya ka salidem ngerampokx !” diihh !

4. Mesra-mesraan, dan biasanya mereka pake WTW bukannya komen-komenan. Nyampah doang di beranda orang! Misalnya : “khangeenn bgtt chama cie ayang, agy dimanaa yuaa ?” terus di bales sama si ayangnya “aqqhuu ada di hatimuu chayangg ! “ gubrak ! najoong dah, bikin iri gue aja yang jomblo #jlebb!

5. Kalo yang ini rada frontal statusnya, biasanya ditulis sama ababil tingkat parah dengan tingkat stress hampir stadium 1. Kaya : FU*K buat Cewe BRENGS*K MACEM LOE ! NG***** loe ! status ini beberapa kali lewat di beranda saya. Saya pikir ini orang psyco dan perlu di rehab secepatnya. Untuk tindakan pencegahan saya akan meremove dia.

6. Menghina agama : kalo yang ini sih saya ga pernah nemuin di beranda saya. Namun sayangnya. Ada beberapa teman saya yang mungkin niat awalnya mau memberitahu dan berbagi agar sama sama menentang malah justru memperlancar tujuan dari si penghina itu. Maksud saya gini. Kalo tujuan orang itu bikin status itu pasti agar di lihat banyak orang bukan ? biar semua orang tau. Dan orang-orang yang dihina agamanya marah ? nah kebanyakan dari kita justru memperlancar tujuan dia dengan menyuruh teman kita untuk ikut melihatnya. Jika ia berbentuk page, maka otomatis akan makin banyak membernya. Kita pasti me like dulu sebelum komen. Nah justru ini menambah jumlah yang suka bukan ? meski kita ga suka .  atau jika itu berbentuk personal mak ada kecendrungan dari kita untuk meng add dia agar bisa ikut menghina balik atau melayangkan protes. Padahal ada cara lain yang lebih sehat tanpa harus ikut menjadi binatang seperti penghina tadi. Ya dengan cara melaporkan atau memblokir orang itu. Selesaikan. Tapi yang paling baik itu ya mengacuhkannya saja.

7. Kalo yang ini sebaliknya dari poin tadi. Ada beberapa teman saya yang bisa dikatakan agak fanatic kepada suatu agama akhirnya suka meng update status-status yang provokatif  atau berbagi link yang juga provokatif. Menyangkut SARA tentunya. Ini tidak baik dan jelas saya tidak suka.

Selain status, komentar juga bisa jadi sumber kekesalan saya. Banyak banget status 1-5 yang di komentarin ga kalah najisnya. Kadang saya malah berpikir. Mending kaga usah komen dari pada Cuma nyampah dengan komentar-komentar yang. Aduuuuhhh. Ga penting banget ! contoh komennya : misalnya si marsinah status : “ichh panass” terus di komen sama si tukijo “ chabarr yuahh “ jih leempar batako nih *ngancem* atau komen-komen lain yang ga bisa saya sebutkan disini sebab terlalu dahsyat buat saya.

Sebenarnya saya gak terlalu masalah soal status-status itu. toh saya juga beberapa kali ( bahkan sering ) ketika sedang galau, lalu melampiaskanya ke status di facebook. yang rada saya kurang senangi adalah mungkin penggunaan tulisan itu. haha, saya kurang suka ajah. lebih baik yang biasa-biasa aja. ya toh ?. meski begitu saya tetep salut dengan daya kretif mereka. soalnya ga gampang loh bikin tulisan yang penuh cita rasa seni macam itu.

Pendapat saya sih itu cuma trend zaman yang mungkin suatu saat hilang. setiap zaman kan punya ciri khas. selain dari segi fashion tentu juga dalam ruang lingkup kebahasaan.

jadi asyikin aja. jangan di bawa emosi apalagi nyolot dan menghujat mereka. masa ababil masa yang penuh kegalauan tapi penuh kenangan yang akan teringat hingga kita tua bukan ?

Ohh iya, alasan saya bikin catatan ini juga karena tadi ada temen saya” Cuma di facebok loh, sumpah ga pengen punya temen alay kek gitu” status nah status dia pun dikomen beberapa cowok yang ganjen berwajah ( maaf) minus yang sos sok prihatin. Jadilah catatan ini saya buat. Maaf jika jelek. Soalnya bikinnya juga rada buru-buru.

Saya juga minta maaf jiak ada teman yang membaca ini lantas tersinggung. Kalian boleh menghapus saya. Itu hak kalian. Dan ini pun hak saya untuk berpendapat. Okee, intinya mah. Jangan berlebihan dalam segala hal. Termasuk update status dan semacamya. Saya pikir berstatus manja cinta kaya gitu ga masalah. Toh itu akun pribadi anda. Mau ngapain juga terserah anda. Ya yoh ? tapi ya mbok dipikirkan. Jangan pake umpatan ga layak atau tulisan kaya orang lagi mabok. Yang biasa aja. Tapi sekali lagi. Ini Cuma pendapat. So terserah anda mau bagaimana menaggapinya.

Rabu, 26 Oktober 2011

Kampus ku tag aman lagi

Beberapa bulan blakangan ini kampus ku banyak kejadian pencurian,,
yang paling marak adalah pencurian helm, padahal di kampus banyak mempekerjakan securtiy,,
di kampus ada 4-5 orang security yang saling bergiliran berjaga di kampus ku, tapi apa? keamanan di kampus ku sangat sangat buruk,, sudah ada sekitar 4 atau 6 kejadian (yang penulis tau) atau sudah banyak kejadian kejadian yang penulis tidak mengetahuinya,, pertanyaannya sekarang apakah security di kampus ku benar benar menjaga keamanan sekitar kampus? mungkin kalian sudah tau apa jawaban nya,,
dan siapakah yang akan bertanggung jawab dalam masalah ini? tentu saja tidak ada yang bakal mau di salahkan,,

dari kejadian awal pencurian pun tidak ada yang bertanggung jawab, seolah olah kejadian tersebut hal yang sepele,, padahal tindak pencurian itu adalah tindakan kriminal, yang bisa di hukum berat,,,
dari kejadian pertaman tersebut harusnya security kampus berjaga dengan ketat keamanan di kampus, supaya tidak terulang kejadian kejadian yang tidak di inginkan tersebut,,
tapi apa? malah kejadian tersebut berulang kembali,,

seharusnya kejadian ini ditindak lanjuti, jangan menganggap hal tersebut sepele, "semakin kita menyepelekan suatu masalah makan masalah tersebut akan semakin bertambah besar" seperti halnya kejadian pencurian di kampus ku,,





terakhir kejadian ini menimpa teman ku yang berinisial ATP,,



tepat di hari senin tgl 24 oktober 2011,, sekitar sore hari, ya kira kira pukul 15.15 waktu setempat,,
helm nya raib di gondol maling, mungkinkah maling yang mencuri helm teman ku adalah maling yang biasa beraksi di kejadian kejadian sebelum nya? itu adalah tugas kampus untuk menguak semua misteri pencurian helm yang marak terjadi di kampus ku,,
tetapi sampe saat ini tidak ada tindakan dari kampus mengenai hal ini, kalau terus terusan seperti ini mungkin kejadian pencurian helm di kampus ku tak akan ada ujungnya,,
kita tunggu saja tindakan dari kampus, semoga ini cepat berakhir,,


Minggu, 23 Oktober 2011

Tablet Android Murah dari AHA


Oleh Yahoo! Special Projects | Tech Guide – Jum, 30 Sep 2011 15.20 WIB

 

Mengikuti tren, Bakrie Connectivity kini tidak hanya meramaikan pasar dengan mengeluarkan produk modem dan smartphone saja. Sekarang mereka juga memasarkan komputer tablet berbasis Android, bekerja sama dengan Huawei yang menyediakan Huawei IDEOS S7 Slim versi CDMA.

Dilihat dari desainnya, AHApad memang menarik, dengan bodi tipis dan paduan warna putih hitam yang manis. Bodi belakang terbagi menjadi dua bagian, terpisahkan oleh garis metalik tempat kamera dan logo Huawei bersemayam.

Bagian yang diberi merk AHA adalah penutup baterai. Terbuat dari plastik cetakan, penutup ini agak ringkih, rentan tergores, dan mudah kotor (walau dapat dibersihkan dengan mudah). Solusinya, gunakan pelapis kulit untuk melindunginya.


Baterainya sendiri memiliki desain unik, dengan bagian konektor dibuat menonjol sehingga saat dipasang akan terkunci dengan mantap dan tidak mudah terlepas. Beralih ke bagian depan, perbedaan mencolok dengan pendahulunya adalah penempatan tombol sensitif sentuhan di sebelah kanan. Sedangkan pada bagian sisi kiri layar hanya diisi oleh kamera depan dan sensor cahaya.
Penempatan berbagai port dan tombol, mulai dari untuk mengisi baterai, speaker, jack audio, tombol power, port HDMI, port miniUSB, serta slot microSD, tertata cukup rapi dan mudah dijangkau. 

Demi mengejar harga jual yang lebih murah, Huawei maupun AHA tidak menyertakan kabel HDMI, microSD, serta earphone dalam paket penjualannya.  Di dalam paket resminya, Anda akan menemukan komputer tablet, baterai, buku manual (berbahasa Indonesia), panduan aplikasi AHApad, panduan seru (quick guide) AHApad, kartu perdana (UIM card sudah terdapat di dalam device) serta kartu garansi.

AHApad menyertakan kabel USB bercabang tiga untuk keperluan pengisian daya (charger), miniUSB dan microUSB. Yang menarik, AHA dan Huawei memberikan jaminan penggantian atau perbaikan pada aksesorisnya juga. Misalnya, baterai dan charger yang diberikan masa garansi 6 bulan dari tanggal pembelian, dan 3 bulan untuk kabel data dan handsfree. Tabletnya sendiri dilindungi selama 12 bulan masa garansi.

AHApad sudah dibekali sistem operasi Google Android versi 2.2 Froyo yang dapat ditingkatkan ke versi 2.3 Gingerbread. Selain menu utama yang khas Android, AHApad memiliki user interface yang lebih segar dibanding pendahulunya. Layar utamanya dibagi menjadi lima kategori: Beranda, Web, Hiburan, Komunikasi dan Favorit.

Tiap kategori terdapat dua halaman yang dapat disesuaikan dengan shortcut maupun widget. Untuk widget, Huawei menyediakan beberapa widget yang cukup atraktif, yang dinamakan "Emotion Widget". Ada Emotion Bookmark (Internet), Weather (ramalan cuaca), Email, RSS Reader, Foto, Jam, Kalender & Kegiatan, Memo, Musik, hingga Video. Semuanya bisa Anda maksimalkan menurut kategorinya masing-masing seperti widget musik & video di kategori Hiburan pada gambar di bawah.

Walaupun tidak banyak berbeda dengan komputer tablet lain yang berbasis Android, ternyata AHA memasukkan beberapa fitur khas dalam AHApad, seperti AHA CherryView yang memanfaatkan teknologi AR (Augmented Reality), AHA Games (permainan yang disediakan di situs khusus dari AHA dengan pembayaran tertentu), AHA Mail (akun surat elektronik AHA Anda), AHA myTV (menonton video streaming TV dalam negeri maupun luar serta live streaming beberapa TV lokal), AHA Office In The Box, AHA Shop, AHA Star, AHA Vibe, The Game of Life, serta aplikasi lokal yang berguna seperti Ngomik dan Halo Taksi.

Kontak dalam AHApad juga dapat disinkronisasikan dengan teman-teman di akun Facebok Anda. Foto kontak yang nampak pun akan selalu terbarui sesuai dengan foto profil mereka di Facebook, sedangkan di dalam tiap-tiap kontak akan mengikuti data yang telah mereka input dalam Facebook mereka, seperti nomor telepon dan email. Jika ada data yang kurang atau tidak tepat, Anda bisa menambah atau menyuntingnya sendiri.

Salah satu fitur AHAPad yang cukup berguna adalah Task Manager yang tergabung dengan halaman Notifikasi. Keduanya mudah diakses dan sangat berguna dalam mengatur atau memonitor aplikasi-aplikasi berjalan, proses pengunduhan, hingga jalan pintas untuk mengatur WiFi, Bluetooth, GPS, Jaringan Ponsel, Data, Kunci Orientasi dan Tingkat Kecerahan Layar. Hemat memori, karena mungkin Anda tak perlu meng-install aplikasi Task Manager lagi.

AHApad dibundling kartu AHA yang memberikan bonus akses Internet selama 60 hari dengan kecepatan maksimal 600Kbps. Untuk tujuh hari pertama, Anda bisa memacunya sampai kecepatan 3.1Mbps. Saat diuji dengan mengunduh aplikasi dari Market, membuka video di YouTube hingga melakukan tes kecepatan dengan aplikasi Speed Test yang saya unduh dari Market, hasilnya cukup baik dan gegas, walaupun belum sempat menyentuh 3Mbps saat diuji dengan aplikasi SpeedTest.

Untuk hasil foto dari kamera 3,2 megapixelnya, AHApad tergolong standar. Tidak adanya fitur autofokus membuat hasil gambar bervariasi ketajamannya. Selain kamera belakang, juga terdapat kamera depan beresolusi VGA yang berguna untuk keperluan video call. Sementara itu, hasil video ternyata jauh lebih baik, apalagi didukung pengaturan yang cukup lengkap.

Anda dapat mengatur efek warna, durasi perekam video yang disesuaikan dengan keperluan, White Balance, hingga kualitas video mulai dari D1, WVGA, VGA, CIF dan QCIF; Enkoder video (MPEG4 atau H264) dan Enkoder audio (AMRNB, QCELP, EVRC serta AAC). Hasil rekaman tergolong halus dan jelas di ruangan bercahaya temaram sekalipun, dengan kualitas audio yang cukup jelas dan jernih berkat tata suara surround 5.1 channel. Hasilnya tentu akan lebih maksimal jika Anda menghubungkannya ke TV melalui koneksi HDMI.

AHAPad ditawarkan dengan paket yang cukup menarik, apalagi dipadukan dengan paket akses Internet yang cukup menggoda. Patokan harga Rp 2,888,000 cukup terjangkau bagi Anda yang ingin merasakan asyiknya menggunakan tablet berbasis Android. Hanya saja, perlu diingat bahwa versi Android yang ditawarkan belum mendukung sampai Honeycomb yang memang dirancang khusus untuk komputer tablet.